Loading...

Wahai Petualang, Segeralah Mengangkat Keril. 9 Gunung Ibu Pertiwi Ini Sudah Memanggil

Wahai Petualang, Segeralah Mengangkat Keril. 9 Gunung Ibu Pertiwi Ini Sudah Memanggil


Mendaki gunung memang aktivitas yang seru dan menantang. Berkali-kali dilakukan, tak pernah sekalipun kamu merasa bosan. Pasti ada pelajaran baru yang bisa dipetik setiap menyeret kakimu melangkah ke atas sana. Ada pelajaran yang berbeda selepas turun dari menjamahi puncaknya.
Mendaki gunung juga berarti menantang diri. Bukan cuma gunung-gunung yang mudah saja, sesungguhnya mengalahkan diri sendiri akan lebih terasa gregetnya saat kamu berhasil mendaki gunung-gunung tinggi di nusantara.
Jika memang mengaku petualang sejati, siapkah dirimu menjajal pengalaman mendaki gunung-gunung ini?


1. Puncak Jaya dan Puncak Trikora yang tingginya lebih dari 4.000 Mdpl siap menyambutmu dengan gagahnya. Satu-satunya salju di Indonesia bisa kamu temukan di sana

Puncak Jaya
Puncak Jaya via www.mountain7.com
Barisan Sudirman atau Sudirman Range adalah barisan pegunungan yang terletak di Pegunungan Maoke, Papua, dengan puncak tertingginya adalah Puncak Jaya, yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Sebagai puncak tertinggi di Indonesia, tak heran jika Puncak Jaya tertutupi oleh salju, dan masuk dalam daftar 7 Summit atau tujuh puncak tertinggi dunia. Di kalangan masyarakat dunia, Puncak Jaaya ini lebih terkenal dengan nama Carstensz Pyramid.
Berdekatan dengan Puncaka Jaya, ada Puncak Trikora atau Wilhelmina Peak yang memiliki ketinggian 4.750mdpl dan merupakan puncak tertinggi ketiga. Sebelumnya Puncak Trikora ini sempat menempati posisi kedua, namun setelah dilakukan penelitian menggunakan data dari SRTM ( Shuttle Radar Topography Mission ) Puncak Trikora kalah tinggi dengan Puncak Mandala yang terletak di Pegunungan Jayawijaya, yang 10 meter lebih tinggi.


2. Batuan keras di Puncak Mandala menguji keliatan lenganmu mendakinya. Cuma yang gigih saja yang bisa mencapai tanah tertingginya

Puncak Mandala
Puncak Mandala via wisataandtravel.blogspot.com
Nama lain dari puncak satu ini adalah Juliana Top, atau Puncak Juliana. Tak heran jika Puncak Mandala ini dinobatkan sebagai Puncak tertinggi kedua setelah Puncak Sudriman. Pasalnya, puncak satu ini memiliki ketinggian 4.760mdpl, 10 meter lebih tinggi dari Puncak Trikora yang telah Hipwee sebutkan di poin sebelumnya.
Terletak di Pegunungan Jayawijaya, atau di sebelah barat Barisan Sudirman. Seperti puncak Jaya, sebelumnya Puncak Mandala ini juga tertutup oleh salju. Namun akibat pemanasan global, salju yang menyelimuti puncak satu ini mulai leleh, sehingga kamu hanya akan menemukan bebatuan keras di puncaknya.


3. Puncak Ngga Pilimsit dengan Danau Idenbergnya jadi destinasi yang talak indahnya. Di sana, rasanya kamu seperti berada di Alaska

Pada masa kolonial Belanda, puncak ini disebut sebagai Mount Idenberg. Puncak satu ini terletak sejauh 21 kilometer ke arah timur laut Pegunungan Jayawijaya. Namun sayangnya, tak ada informasi lengkap mengenai Ngga Pilimsit ini. Beberapa informasi di internet juga kurang lengkap, dan sepertinya jarang ada pendaki yang berusaha mencapai puncak satu ini. Di wilayah ini juga ada Danau Idenberg, yang dikelilingi oleh bebatuan putih sewarna salju, yang bernama bebatuan limestone.


4. Berdiri di atas awan pada Puncak Kerinci membuatmu merasa mawas diri. Kamu kecil, tak layak menyombongkan diri

Narsis diatas gunung
Narsis diatas gunung via nindihong.wordpress.com
Untuk mencapai puncak tertinggi berikutnya, kamu harus terbang ke Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Jambi. Di Provinsi satu ini ada sebuah gunung bernama Gunung Kerinci yang terletak di Bukit Barisan dan memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia.
Akses untuk mendaki Kerinci bisa melalui jalur Kersik Tuo di wilayah Kayu Aro. Di Gunung Kerinci ini pula terdapat mitos yang menyebutkan tentang adanya misteri orang pendek, menyerupai kera yang berjalan dengan kaki terbalik, dan sering meninggalkan jejak, meski tak ada orang yang pernah mendokumentasikannya.


5. Menikmati Megahnya gunung dan cantiknya kaldera bisa kamu nikmati di Gunung Rinjani. Ah, apalagi yang bisa membuat jatuh hati?

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via www.trekkingrinjani.com
Menuju ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Pulau Lombok, ada sebuah gunung bernama Rinjani. Gunung Rinjani memiliki kaldera yang terisi dengan air seluas 3.500 m × 4.800 m, sehingga terlihat seperti danau. Masyarakat sekitar menamai danau kawah ini sebagai Segara Anak. Karena keindahannya tersebutlah Rinjani menjadi daya tarik wisatawan dan penikmat fotografi.
Dengan ketinggian 3.726 mdpl, tak berlebihan jika Gunung Rinjani juga merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Di sisi timur kaldera juga terdapat gunung baru yang diberi nama Gunung Baru, atau Gunung Barujari setinggi 2.296 mdpl dan memiliki kawah berukuran 170m×200m.


6. Gagahnya Mahameru, Puncak Tertinggi Pulau Jawa, membuatmu mau berjuang sekuat tenaga. Peluh dan upaya keras layak digunakan demi membawamu ke sana

Dalam mitologi masyarakat Jawa, konon Gunung Semeru ini adalah salah satu gunung yang menjadi “paku” agar Pulau Jawa tak terombang-ambing diatas lautan. Gunung Semeru ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Terletak di Provinsi Jawa Timur, menduduki dua kabupaten berbeda, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Ketinggian gunung ini mencapai 3.676 mdpl dengan puncaknya yang bernama Mahameru.
Kamu membutuhkan waktu setidaknya 4 hari perjalanan untuk mendaki puncak dan kembali turun. Selain dapat menikmati megahnya puncak tertinggi di Pulau Jawa, kamu juga dapat menikmati indahnya danau yang berada di kaki gunung, bernama Ranu Kumbolo yang terkenal karena film 5 Cm.


7. Meski tak seterkenal Rinjani, Gunung Sanggar juga tak kalah tinggi juga layak dikunjungi

Gunung Sanggar
Gunung Sanggar via kejaam29.blogspot.com
Berada di komplek pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani, Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.492 mdpl. Meski merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, namun Gunung Sanggar ini  tidaklah seterkenal Rinjani. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena Gunung Sanggar ini amat sangat layak didaki buat kamu yang rindu dengan atap-atap langit tertinggi.


8. Gunung Rantemario di Sulawesi memberi pengalaman berbeda dalam kegiatan mendaki. Indahnya Pantai Celebes ternyata tak kalah dari ketinggian 3.492 mdpl ini

Kali ini giliran kita menuju ke Pulau Sulawesi, siapa bilang Sulawesi hanya memiliki keindahan pantai dan lautnya. Justru disanalah berdiri sebuah salah satu gunung tertinggi di bumi pertiwi. Gunung itu bernama Gunung Rantemario yang memiliki ketinggian 3.492 mdpl. Meski ada sumber yang menyebutkan bahwa Gunung Rantekombola lebih tinggi, namun tak ada ruginya kamu mendaki ke kawasan ini.


9. Gunung Slamet yang tinggi pun masih aktif pun menguji nyali. Beranikah menantang diri demi mendaki ke sini?

Tertinggi di Jawa Tengah
Tertinggi di Jawa Tengah via jateng.tribunnews.com
Bergeser lagi ke Pulau Jawa, di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di tanahnya warga Ngapak, tepatnya di perbatasan Gunung berapi aktif di perbatasan Kabupaten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang. Gunung Slamet ini memiliki ketinggian 3.428 mdpl dan merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Itulah beberapa gunung tertinggi di bumi pertiwi yang menunggu untuk kamu daki dan jelajahi. Dari sekian banyak yang telah Hipwee sebutkan, adakah salah satunya yang merupakan puncak impian? Atau mungkin ada beberapa dari kamu yang sudah berhasil menjamahi salah satunya?

http://www.hipwee.com/travel/wahai-petualang-segeralah-mengangkat-keril-9-gunung-ibu-pertiwi-ini-sudah-memanggil/
Travel 4094748207093628408

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item