Loading...

Tikus-tikus pemberani ini selamatkan ribuan nyawa dari ranjau darat



Tikus-tikus pemberani ini selamatkan ribuan nyawa dari ranjau darat
APOPO HeroRats. ©2015 Merdeka.com/APOPO
Merdeka.com - Tikus-tikus ini telah menyelamatkan begitu banyak nyawa. Berkat keahlian mereka dalam menemukan ranjau darat, setidaknya 1.000 nyawa berhasil diselamatkan.
Dilaporkan situs Global Giving, hewan-hewan pengerat berjiwa pemberani ini disebut HeroRats. Mereka merupakan bagian dari APOPO, sebuah organisasi nirlaba asal Belgia.
Tikus-tikus dari jenis giant African pouched rats ini dilatih secara khusus untuk mendeteksi ranjau darat dengan indera mereka.
Setiap tikus bisa dipekerjakan untuk mencari ranjau di area seluas 200 meter persegi dalam 20 menit. Keahlian mereka jauh lebih efektif dibandingkan detektor ranjau biasa yang butuh 25 jam untuk mendeteksi keberadaan ranjau.
Photo by APOPO
HeroRats telah beroperasi sejak tahun 1997. Dan selama masa tugas mereka, belum ada satu pun yang 'gugur'. Sebab, bobot mereka tidak boleh lebih dari 5 kg. Jadi ranjau tidak akan teraktivasi meskipun para tikus berdiri di atasnya.
Photo by APOPO
Selain itu, kehidupan mereka juga dijamin. Mereka diberi makan dengan baik. Telinga mereka rutin diolesi tabir surya untuk mencegah kanker kulit. Jika sudah tak mampu bertugas karena dianggap terlalu tua, mereka akan dilepaskan kembali ke alam liar.

http://www.merdeka.com/gaya/tikus-tikus-pemberani-ini-selamatkan-ribuan-nyawa-dari-ranjau-darat.html
Info Unik 4885037550376744163

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item