Loading...

Kepulauan Seribu, Surga di Utara Jakarta yang Memanggilmu Untuk Segera Hengkang dari Hiruk Pikuknya Ibukota

Kepulauan Seribu, Surga di Utara Jakarta yang Memanggilmu Untuk Segera Hengkang dari Hiruk Pikuknya Ibukota


Kepulauan Seribu adalah gugusan kepulauan sekaligus kawasan pelestarian alam laut  yang terletak kurang lebih 45 km di sebelah utara Jakarta. Tak ada data pasti mengenai jumlah pulau di Kepulauan Seribu. Di website pemerintah Jakartamenyebutkan jumlah pulau di Kepulauan Seribu sebanyak 110, 128, bahkan menurut salah satu sumber mengatakan jumlah pulau disana sebanyak 342 pulau, yang terdiri dari pulau-pulau berpasir, dan pulau terumbu karang.
Namun dari banyaknya pulau yang ada disana, hanya 11 pulau yang didiami oleh masyarakat setempat. Untuk menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam saja.
Selain Pulau Bidadari, sebenarnya masih banyak pulau lain yang tak kalah indahnya. Beberapa diantaranya akan Hipwee ulas dalam tulisan berikut ini.


1. Untuk memulai perjalanan, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol maupun Dermaga Pantai Mutiara

Kapal pesiar cuy..
Kapal pesiar cuy.. via pulauseribujakarta.blogspot.com
Dua buah dermaga ini memang amat sangat rapih, bersih, dan juga dikelola dengan cukup baik. Kondisinya juga tak terlalu ramai. Sesampainya disana, kamu akan disambut dengan jejeran kapal pesiar atau yacht yang siap mengantarkanmu berkeliling Kepulauan Seribu. Ya, namanya aja dikhususkan bagi mereka yang memiliki kantong cukup tebal. Artinya, kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati fasilitas ini. Jadi jangan heran jika kamu mendapati kondisi dan suasana dermaga yang rapi, bersih, dan jauh dari kesan kumuh.


2. Namun kamu yang memiliki kantung pas-pasan masih bisa menyeberang dan menjamahi surga Kepulauan Seribu dengan menyeberang melewati dermaga Muara Angke yang susananya seperti ini…

Kondisi dermaga Muara Angke
Kondisi dermaga Muara Angke via tempo.co
Disini, alih-alih menemukan kapal pesiar maupun yacht, kamu justru akan disuguhi dengan kapal-kapal penumpang seperti terlihat pada gambar diatas. Yah, meskipun kondisinya nggak serapih maupun sebersih di dermaga pada poin nomor satu, kamu juga punya kesempatan yang sama untuk menikmati indahnya surga di Utara Jakarta kok!


3. Jika kamu ingin menyapa penduduk lokal, kunjungilah Pulau Tidung yang sudah sangat terkenal di telinga masyarakat

Jembatan cinta di Pulau Tidung
Jembatan cinta di Pulau Tidung via pulautidung-indonesia.com
Pulau Tidung terbagi menjadi bagian. Yaitu Pulau Tidung Besar, dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah pulau yang sudah berpenduduk. Maka jangan heran jika kamu menemukan perkampungan, warung, kantor polisi, sampai sekolah setingkat SMU.
Sementara itu, Pulau Tidung Kecil Justru tak berpenduduk, dan mencapai kesana kamu nggak perlu menggunakan kapal maupun berenang. Pasalnya sudah ada jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dinamakan Jembatan Cinta. Nah! Pulau Tidung Kecil ini adalah tempat yang digunakan untuk budidaya pohon mangrove.


4. Kamu yang tertarik belajar scuba diving dapat pergi ke Pulau Sepa yang juga terkenal dengan sebutan The Paradise for Diver in Jakarta

Surganya para penyelam
Surganya para penyelam via kelilingnusantara.com
Yap! Betul sekali. Pulau Sepan merupakan salah satu spot diving terbaik di Jakarta. Kamu yang pemula juga dapat belajar menyelam, karena tempat satu ini juga dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan sertifikat Open Water dari Professional Association of Diving Instructors (PADI). Pulau ini juga merupakan tempat penangkaran  Penyu Sisik (Eretnochelys imbricata) yang bentuk paruhnya menyerupai paruh burung. Maka tak heran jika pulau ini dijuluki The Paradise for Diver in Jakarta.
Pulau dengan hamparan pasir putih ini dikelola oleh swasta, sehingga tak heran jika kamu tak bisa menemukan perkampungan. Sebaliknya, kamu akan menemukan sebuah cottage yang memang dikhususkan bagi kamu yang ingin belajar menyelam, maupun sekedar snorkeling di laut lepas. Namun sayangnya, kamu nggak bisa menemukan sumber air tawar di pulau ini, jadi kamu harus puas dengan hanya mandi menggunakan air payau.


7. Ingin sekadar merasakan sensasi menginap di resort sederhana di pulau terpencil? Tak ada salahnya berkunjung ke Pulau Kotok

salah satu Resort di Kepulauan Seribu
salah satu Resort di Kepulauan Seribu via pulauseribu-wisata.com
Kamu yang sekedar ingin melwpas lelah maupun menikmati sensasi menginap di pulau terpencil, tak ada salahnya mengunjungi Pulau Kotok. Di pulau ini terdapat sebuah resort yang juga telah dibangun berbagai macam fasilitas. Selain penginapan, ada pula musholla, cafe, restoran, bahkan ada rumah pohonnya juga.

8. Siapa bilang bumi perkemahan hanya ada di pegunungan maupun tanah lapang? Di Kepulauan Seribu ada bumi perkemahan bernama Pulau Semak Daun

Bumi perkemahan di tengah laut
Bumi perkemahan di tengah laut via justtoclearmymind.blogspot.com
Ini nih pulau yang menjadi tujuan favorit para traveller yang berkantung pas-pasan.  Karena nggak ada resort maupun perkampungan penduduk, jadi kamu mesti membawa tenda sendiri jika ingin menginap di pulau ini. Meski telah disediakan pihak bumi perkemahan, namun untuk lebih menghemat biaya disarankan membawa tenda dan perlengkapan camping sendiri—termasuk bekal makanan. Oya, disini juga ada penangkaran hiu lho!

7. Berwisata laut sembari belajar sejarah bukan hal mustahil, pasalnya di Pulau Onrust kamu dapat melakukan keduanya sekaligus

Pulau Onrust dari kejauhan
Pulau Onrust dari kejauhan via rumahtrip.info
Kamu yang bertandang ke Pulau Onrust selain dapat menikmati sunyinya pulau  berwisata air, kamu juga dapat sekaligus belajar sejarah. Pasalnya di Pulau Onrust ini ada sebuah benteng warisan Belanda. Pada awalnya, pulau ini digunakan sebagai tempat untuk membuat galangan kapal yang rusak milik VOC. Namun setelahnya dibangun hingga menjadi benteng pertahanan dari serangan Inggris, hingga sempat pula menjadi tempat karantina bagi orang-orang yang berpenyakit menular.
Meski sempat beberapa kali hancur karena perang maupun penjarahan besar-besaran, kamu masih dapat menikmati keindahan benteng, maupun sebuah rumah yang masih utuh, yang saat ini digunakan sebagai museum. Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau Bidadari, Pulau Kelor dan Pulau Edam saat ini ditetapkan sebagai daerah Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu oleh pemerintah setempat.

8. Jika di serial Game of Thrones ada The Wall, maka Jakarta punya Pulau Sabira yang dijadikan sebagai pulau penjaga utara

Menara suar yang berfungsi sebagaipos penjagaan
Menara suar yang berfungsi sebagaipos penjagaan via zulkarnainsabira.blogspot.com
Karena terletak paling utara dari pulau-pulau lainnya, maka tak heran jika pulau satu ini dijuluki sebagai Noord Watcher, atau Penjaga Utara. Yap! Inilah pulau yang letaknya paling ujung utara di gugusan Kepulauan Seribu. Adanya mercusuar yang berdiri diatasnya juga semakin menambah bahwa pulau ini pada zaman dahulu memang ditujukan sebagai pos penjagaan.
Karena letaknya yang paling ujung itulah yang membuat pulau ini berdekatan dengan Provinsi Lampung. Meski demikian, pulau ini tak sesunyi, seseram, maupun seangker seperti yang kalian bayangkan. Pasalnya di pulau satu ini ada sebuah perkampungan kecil yang dihuni setidaknya 100 kepala keluarga.

Itulah beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Keindahan alam dan wisata airnya tak kalah dengan pantai-pantai di Bali maupun Lombok bukan?

http://www.hipwee.com/travel/kepulauan-seribu-surga-di-utara-jakarta-yang-memanggilmu-untuk-segera-hengkang-dari-hiruk-pikuknya-ibukota/
Travel 5095441940579828140

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item